Thursday, March 7, 2013

MATAN ABU SYUJAA’ – 02 Kitab Shalat : 14 Shalat Berjama’ah



"فصل" وصلاة الجماعة سنة مؤكدة  وعلى المأموم أن ينوي الائتمام دون الإمام.

ويجوز أن يأتم الحر بالعبد، والبالغ بالمراهق

ولا تصح قدوة رجل بامرأة ولا قارئ بأمي

وأي موضع صلى في المسجد بصلاة الإمام فيه وهو عالم بصلاته  أجزأه ما لم يتقدم عليه وإن صلى خارج المسجد والمأموم قريبا منه وهو عالم بصلاته ولا حائل  هناك جاز.



(Pasal) Shalat berjamaah itu sunnah yang sangat dianjurkan (sunnah muakkadah). Wajib atas makmum berniat untuk menjadi makmum, sedangkan imam tidak harus berniat menjadi imam.

Orang yang merdeka boleh bermakmum kepada budak, dan orang yang sudah baligh (sampai umur) boleh bermakmum kepada yang hamper baligh (murahiq). Dan pria tidak sah bermakmum kepada wanita, demikian pula orang yang baik bacaan fatihahnya bermakmum kepada orang yang tidak sempurna bacaan fatihahnya.

Di tempat mana saa di dalam masjid seorang makmum melakukan shalat mengikuti shalat imam, sedang ia dapat mengetahui shalat imam tersebut, maka sahlah ia bermakmum selama tidak berada di depan imamnya.

Apabila imam melakukan shalat di dalam masjid dan makmum di luar masjid yang dekat dengan imam itu, sedang ia mengetahui shalat imam dan tidak ada tabir pemisah, maka dia diperbolehkan bermakmum.

No comments:

Post a Comment