Saturday, February 9, 2013

MATAN ABU SYUJAA’ – 02 Kitab Shalat : 01 Shalat yang Diwajibkan



الصلاة المفروضة خمس:

1 - الظهر وأول وقتها زوال الشمس وآخره إذا صار ظل كل شيء مثله بعد ظل الزوال.

Shalat yang diwajibkan itu ada 5, yaitu:

1. Zhuhur. Waktu shalat zhuhur mulai setelah lewat rembang matahari (setelah matahari tergelincir ke arah Barat). Dan akhir waktunya adalah ketika bayang-bayang sebuah benda telah sama panjangnya dengan benda itu, sesudah matahari lewat rembang.


2 - والعصر: وأول وقتها الزيادة على ظل المثل، وآخره في الاختيار إلى ظل المثلين، وفي الجواز إلى غروب الشمس.

2. Ashar. Waktu shalat ashar dimulai setelah bayang-bayang sebuah benda yang sama dengan benda aslinya tadi bertambah panjang. Dan akhir waktunya menurut waktu ikhtiar (waktu yang menjadi pilihan untuk mengerjakan shalat sebelum masuk pada bagian waktu berikutnya) adalah sampai bayangan sebuah benda menjadi dua kali panjang beda tersebut. Sedangkan menurut waktu Jawaaz (waktu di mana masih diperbolehkan untuk mengerjakan shalat) adalah sampai terbenamnya matahari.

3 - والمغرب: ووقتها واحد وهو غروب الشمس وبمقدار ما يؤذن ويتوضأ ويستر العورة ويقيم الصلاة ويصلي خمس ركعات .


3. Maghrib. Waktu shalat maghrib ialah satu, yaitu setelah terbenamnya matahari ditambah sekadar waktu orang berazan, berwudhu, menutup aurat, beriqamat untuk shalat, dan shalat 5 raka’at (yaitu tiga raka’at shalat Maghrib dan dua rakaat sunnah sesudah Maghrib).

4 - والعشاء: وأول وقتها إذا غاب الشفق الأحمر وآخره في الاختيار إلى ثلث الليل وفي الجواز إلى طلوع الفجر الثاني.

4. Isya. Permulaan waktu shalat Isya adalah hilangnya mega merah. Dan akhir waktunya menurut waktu ikhtiar adalah sampai sepertiga malam, sedangkan menurut waktu jawaaz adalah sampai terbitnya fajar kedua.

5 - والصبح: وأول وقتها طلوع الفجر الثاني وآخره في الاختيار إلى الأسفار وفي الجواز إلى طلوع الشمس.

5. Shubuh. Permulaan waktu shalat shubuh adalah mulai terbitnya fajar kedua. Dan akhir waktunya menurut waktu ikhtiar adalah sampai pagi cerah, sedangkan menurut waktu jawaz adalah sampai terbitnya matahari.

No comments:

Post a Comment