Monday, February 4, 2013

IMAM ABU HANIFAH – Nama, Kelahiran dan Sifat-sifatnya



IMAM ABU HANIFAH – Nama, Kelahiran dan Sifat-sifatnya

Namanya: An-Nu’man bin Tsabit bin Zauthy At-Taimy Al-Kufy[1], kepala suku dari Bani Tamim bin Tsa’labah. Ada yang mengatakan bahwa sebab penamaannya dengan Hanifah (حنيفة) adalah karena ia selalu membawa tinta yang disebut Hanifah dalam bahasa Irak.

Kelahirannya: Dia dilahirkan pada tahun 80 Hijriyyah di Kufah, saat pemerintahan Khalifah Abdul Malik bin Marwan. Pada saat itu dia masih sempat melihat sahabat Anas bin Malik, ketika Anas dan rombongannya datang ke Kufah. Akan tetapi ada yang menyangkal berita ini dan mengatakan bahwa berita Imam Abu Hanifah bertemu dengan sahabat Anas adalah tidak benar.


Sifat-sifatnya: Abu Yusuf berkata, “Dia berperawakan sedang dan termasuk orang yang mempunyai postur tubuh ideal, paling bagus logat bicaranya, paling bagus suaranya saat bersenandung dan paling bisa memberikan keterangan kepada orang yang diinginkannya.”
Hammad, putranya mengatakan,”Dia adalah orang berkulit sawo matang (سمرة) dan tinggi badannya. Berwajah tampan, berwibawa dan tidak banyak bicara kecuali menjawab pertanyaan yang dilontarkan. Selain itu, dia juga tidak mau mencampuri persoalan yang bukan urusannya.”

Ibnu Al-Mubarak berkata, “Dia berwajah tampan dan berpakaian rapi.”[2]

Abdurrahman bin Muhammad bin Al-Mughirah berkata, “Aku melihat Abu Hanifah seorang guru yang banyak memberikan fatwa kepada masyarakat di masjid Kufah dengan memakai kopiah panjang berwarna hitam di kepala.”[3]




[1] النعمان بن ثابت بن زوطي التيمي الكوفي
[2] Al-Khairat Al-Hissan fi Manaaqib Al-Imam Al-A’zham Abu Hanifah An-Nu’man, hal. 32
[3] Siyar A’lam An-Nubalaa’, 6/399

------------------------------------

dari Kitab Min A'laam As-Salaf, karya Syaikh Ahmad Fariid, dengan bantuan terjemahan di kitab 60 Biografi Ulama Salaf, cet. Pustaka Al-Kautsar.

Ditulis ulang dengan sedikit perubahan oleh Hasan Al-Jaizy

No comments:

Post a Comment